Senin, 05 Juni 2017

Membantu Anak Menghadapi Ketakutan mereka

Hatiku meleleh dengan cinta ibu saat aku melihat putriku, Brittainy, di taman bermain dengan rok kotak-kotak sekolah dan busur rambut yang sesuai. Dia berdiri di samping guru kelas satu, gelisah dan mengunyah tinjunya, sinyal kebiasaannya bahwa semua tidak beres.

Kami telah memulai pagi yang berbatu, dimulai dengan kata-katanya, "Saya tidak ingin pergi, Bu, saya tidak mengenal seseorang."

Aku bisa berhubungan. Keluarga kami baru saja pindah ke seluruh negeri, dan ini adalah hari pertama bagi kami berdua. Saya baru saja mulai sebagai asisten kepala sekolah di sekolahnya. Dari kantor pojok mungilku dengan sebuah jendela yang menghadap ke taman bermain, aku melihat wajah Brittainy tampak gugup saat dia bergeser dari satu kaki ke kaki lainnya.

Malam itu, saya bertanya kepadanya tentang harinya. Apakah dia menyukai gurunya? Apakah dia mengetahui nama teman sekelasnya? Apakah ada orang lain yang memiliki kotak makan kuning Curious George yang sama?

Brittainy menjawab pertanyaanku, lalu tiba-tiba dia mengajukan pertanyaan: "Apa aku harus kembali besok?"

Sebagai orang tua, kami ingin anak-anak kita menghadapi ketakutan mereka dan percaya diri. Kami ingin mereka mencoba hal baru. Dan jika mereka gagal, kita ingin mereka memiliki keberanian dan ketahanan untuk mencoba lagi, kali ini dengan kebijaksanaan didapat dari pengalaman. Ini menyakitkan hati kita sama seperti halnya pada saat kita melihat mereka menyusut kembali dan memberi rasa takut ke arah atas. Jadi bagaimana kita bisa membantu anak-anak kita menghadapi dan mengatasi ketakutan mereka?

Dengan Brittainy, saya tahu bahwa saya tidak hanya menghadapi tugas segera untuk membantunya menyesuaikan diri dengan sekolah baru, tapi juga membantu dia dengan gambaran yang lebih besar: mengembangkan rasa keberaniannya yang unik saat menghadapi situasi yang menakutkan. Ini akan membutuhkan lebih dari kata-kata dorongan saya; Itu menyerukan strategi pengasuhan anak.

Jangan bereaksi berlebihan

Pertanyaan Brittainy mengingatkan saya bahwa dia sedang mengalami kegugupan baru di sekolah. Permulaan baru itu sulit, dan dia menghadapi banyak dari mereka, semuanya pada saat bersamaan. Sebuah rumah baru di sebuah lingkungan baru, sebuah gereja baru, satu set teman baru dan seorang guru baru sangat banyak untuk yang berusia 6 tahun untuk ditangani.

Dia bukan satu-satunya siswa kelas satu yang pernah saya lihat hari itu melawan ketakutan akan sebuah pengalaman baru, jauh dari Ibu dan Ayah dan dikelilingi oleh lautan orang asing. Tapi ini pribadi. Ini adalah anak saya. Dan saya ingin melakukan apapun dan segala hal untuk menghilangkan rasa takut itu.

Itu tidak membantu kesedihan saya ketika Brittainy mengatakan apa yang dia rasakan: "Saya tidak ingin pergi ke sekolah itu. Ini menakutkan dan membuat perut saya sakit."

Saya memperingatkan diri saya untuk tidak bereaksi berlebihan. Aku perlu menjaga suaraku tetap tenang dan lembut dan membiarkan dia tahu bahwa aku mengerti. Tapi saya juga perlu memberi tahu dia bahwa tentu saja dia harus kembali ke sekolah keesokan harinya, dan berhari-hari yang akan datang.

Orang tua bijak yang menyadari bahwa bukan hanya anak-anak kita yang melihat kita dan mengulangi kata-kata kita, tapi juga mengambil isyarat mereka tentang bagaimana bereaksi terhadap kehidupan dari kita. Jika kita bereaksi berlebihan, kita mengirim pesan kekhawatiran yang bisa membuat anak takut.

Menghadapi ketakutan adalah bagian hidup normal dan sehat. Jika reaksi saya terhadap situasi Brittainy tidak tepat, maka saya mungkin akan menghalangi dia dari bagian penting untuk tumbuh dan berkembang. Jadi saya mencoba mengingat bahwa bantuan terbaik untuk anak saya adalah agar saya peka terhadap perasaannya tapi tetap tenang.

Bantu anak Anda memiliki rasa takut

Ketakutan Brittainy tidak diperuntukkan bagi pengalaman baru. Seperti banyak anak, dia juga khawatir saat tidur. Dia menemukan kegelapan itu menakutkan dan selalu ingin tidur nyenyak.

Saya menangani ini sendiri sebagai seorang anak dan selalu menginginkan salah satu orang tua saya untuk tinggal bersamaku sampai saya tertidur. Ibuku akan duduk di tepi tempat tidurku selama beberapa menit, tapi dia dengan bijak menggunakan waktu ini untuk membantuku memasukkan kata-kata ke dalam ketakutanku, dan dia mendorongku untuk mengatakannya keras-keras: "Aku tidak suka kegelapan; mengerikan."

Saya memutuskan untuk mencoba ini dengan Brittainy. Saat kami duduk bersama dalam kegelapan, aku mendorongnya untuk mengatakan kata-kata akan ketakutannya dan mengatakannya dengan keras, seolah-olah dia menceritakan kegelapan itu sendiri bagaimana perasaannya. Ketika kita menyatakan apa yang kita takutkan, ada baiknya kita menyadari bahwa apa yang kita takuti mungkin sama menakutkannya seperti yang kita duga.

Juga prinsip alkitabiah ada di sini. Tuhan ingin kita jujur ​​kepada Dia tentang apa yang membuat kita takut, dan Dia meyakinkan kita bahwa Dia mengerti dan siap untuk membantu. Dalam Yesaya 41:13, Dia mengatakan kepada kita, "Sebab Aku, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu, akulah yang berkata kepadamu: Janganlah takut, akulah yang menolongmu. "

Kita cenderung berfokus pada bagian yang mengatakan "tidak takut" dan melontarkan bagian dimana Tuhan meyakinkan kita bahwa Dia akan memegang tangan kita. Mungkin Setan, dengan cara yang berkomplot, tidak ingin kita memahami hal ini. Dia lebih suka membuat kita malu atau diam tentang ketakutan kita.

Aku tidak ingin Brittainy merasa malu karena mendapati kegelapan yang menakutkan itu. Saya berbagi dengan dia bahwa saya juga takut pada kegelapan, saat masih kecil dan hal itu telah membantu saya untuk mengatakannya keras-keras.

Aku duduk bersamanya di tempat tidurnya saat dia berkata, "Ruangan gelap ini menakutkan, dan kuharap aku bisa melihat lebih baik."

Karena strategi itu membantunya mengatasi ketakutannya akan kegelapan, aku memutuskan untuk pergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar