Senin, 05 Juni 2017

Menghadapi Faktor Takut

Keluargaku suka mengunjungi Cox Farm setiap musim gugur untuk mengambil labu, sari minuman dan menikmati hayride. Puncaknya adalah mengendarai slide raksasa. Meski meluncur di tas goni adalah kesenangan kuno yang bagus, luncurannya cukup besar untuk menakut-nakuti anak kecil. Dan itulah yang terjadi pada anak laki-laki saya yang berumur 5 tahun, Yosia.

Tapi saya tahu bahwa jika anak saya tidak menghadapi ketakutannya, dia akan kehilangan semua kesenangannya. Jadi saya menyogoknya dengan jagung ketel. Mengendarai slide itu bersamaan adalah kenangan tak terlupakan dan momen yang bisa diajarkan. Setelah selesai, saya menjelaskan kepada Yosia bahwa ketakutan membuat kita tidak mengalami hidup sepenuhnya. Lalu saya menemukan sebuah mantra keluarga yang telah saya terulang berkali-kali sejak: Ingat slide!

Salah satu tanggung jawab kita sebagai orang tua adalah membantu anak-anak kita menghadapi ketakutan mereka. Selama masa remaja, anak-anak kita menghadapi ketakutan baru, ketakutan yang lebih besar. Rasa takut akan kegagalan menjadi lebih akut. Rasa takut akan penolakan meningkat. Dan ketakutan akan masa depan memasuki persamaan saat mereka mendekati kehidupan setelah sekolah menengah. Tidak peduli apa bentuk ketakutan mereka, pekerjaan kita tetap sama: untuk membantu remaja kita membuat keputusan berdasarkan keyakinan dan bukan berdasarkan rasa takut. Seiring remaja kita belajar untuk mempercayai Tuhan, keputusan mereka akan dipandu oleh kepercayaan diri kepada Dia daripada karena takut akan apa yang mungkin terjadi.

Kita perlu membantu anak-anak kita menemukan keamanan mereka dalam hubungan dengan Yesus Kristus. Sewaktu kita meniru cinta Bapa Surgawi kita, anak-anak kita menemukan keamanan dalam kasih itu, dan ini memberi mereka keberanian untuk hidup dengan iman.

Meski tahun-tahun remaja penuh dengan ketidakamanan dan ketakutan, remaja kita bisa hidup dengan percaya diri. Inilah empat kunci untuk membantu remaja menghadapi ketakutan mereka:

Menakutkan ketakutan kita sendiri
Kita tidak bisa mendorong anak-anak kita untuk menghadapi ketakutan mereka jika kita tidak melakukan hal yang sama, jadi kita harus mulai dengan bertanya kepada diri sendiri, Apakah saya berfungsi karena iman atau karena takut? Ketika kita mengambil pendekatan berbasis rasa takut terhadap kehidupan, remaja kita akan merasakannya.

Kita juga perlu memberi contoh. Beberapa tahun yang lalu saya mendaki Inca Trail dengan putra sulung saya, Parker. Setelah menyelesaikan perjalanan empat hari itu, Parker ingin pergi paralayang di atas Lembah Suci. Meski aku takut ketinggian, cintaku pada anakku membantuku menghadapi ketakutan itu. Parker tahu aku takut, jadi dalam menghadapi rasa takutku sendiri, aku memberi contoh agar dia mengikutinya.

Biarkan remaja membuat keputusan
Ini penting selama masa remaja sehingga kita membiarkan anak-anak kita membuat lebih banyak keputusan untuk diri mereka sendiri. Kita perlu menetapkan batas-batas yang jelas seperti jam malam, batas komputer dan peraturan hubungan, tapi begitu batas-batas itu ditetapkan, kita harus memberi kamar anak-anak kita untuk membuat kesalahan. Kita bisa mengajar mereka, berdoa untuk mereka dan kemudian menaruh beberapa kepercayaan di dalamnya. Kita perlu menjadi orang tua karena iman kepada Tuhan dan iman kepada remaja kita. Kepercayaan kita akan membantu membangun kepercayaan diri mereka.

Tantang remaja untuk mengambil risiko
Langkah iman yang kecil bisa menghasilkan lompatan pertumbuhan spiritual yang pesat. Entah itu sedang melakukan perjalanan misi, mencoba olahraga baru atau menjadi sukarelawan di kementerian dalam kota, penting bagi kami agar anak-anak kami mengambil langkah-langkah iman ke wilayah yang tidak mereka kenal. Overprotection mungkin saja memperlambat perkembangan iman remaja karena mencoba hal baru adalah bagaimana kita menemukan batasan dan membangun kepercayaan kita.

Pertahankan fokus pada Tuhan
Dalam keluarga saya, kami percaya ini benar: Fokus Anda menentukan realitas Anda. Jika kita fokus pada ketakutan, mereka menjadi lebih besar dan Tuhan menjadi lebih kecil. Jika kita fokus pada Tuhan, Dia menjadi lebih besar dan ketakutan kita menjadi lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar